My-Baskara

penemu jam

Hai sobat, pernahkah terbayang olehmu bagaimana orang-orang zaman dahulu mengetahui waktu? Penunjuk waktu/jam mengalami perkembangan dari masa ke masa, dari awal ditemukan hingga kini. Tahukah kamu? Kata jam telah digunakan pada abad ke-14 sekitar 700 tahun yang lalu, yang berasal dari bahasa latin yaitu ‘clocca’.
Menurut catatan sejarah, sundial atau jam matahari merupakan jam tertua dalam peradaban manusia. Jam ini dibuat oleh seorang ahli Astronomi muslim bernama Ibnu al-Shatir sekitar 3.500 tahun sebelum Masehi. Jam ini menunjukan waktu berdasarkan letak matahari, dengan cara memanfaatkan bayangan yang menimpa permukaan datar. Ibnu al-Shatir membagi waktu dalam sehari dengan 12 jam, pada musim dingin waktu pendek, sedangkan pada musim panas waktu lebih panjang
Sekitar 5.000-6.000 tahun yang lalu, orang Mesir mengukur waktu dan membuat kalender dengan menggunakan obelisk. Pada tahun 1400 SM orang Mesir juga menggunakan jam air yang diberi nama Clepsydra. Jam air paling canggih pertama kali ditemukan di zaman kejayaan Islam yang dibuat oleh Al-Jaziri pada tahun 1136-1206 yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara ditiap jam. Jam astronomi terbesar yang dibuat Al-Jazari disebut Castle Clock, yang dianggap menjadi analog komputer terprogram pertama.
Di dunia Islam, Al-Jazari memang bukan satu-satunya ilmuwan yang menciptakan jam. Banyak ilmuan lain yang juga tercatat telah menemukan beberapa jenis jam. Namun, penemuan jam air yang paling terkenal adalah yang dilakukan oleh Al-Jazari. Sedangkan jam pasir muncul sekitar 1400 Sebelum Masehi, berdasarkan peninggalan yang ditemukan di kuburan Amenhoterp I, berupa bejana kecil berisi air yang memiliki lubang di bagian bawahnya yang berfungsi meneteskan air.
Untuk jam dengan alat penggerak mekanik, tidak pernah diketahui asal mula ditemukannya. Namun, peralatan itu diduga pertama kali ditemukan dan digunakan di biara-biara sebagai alat panggil para biarawan atau biarawati untuk berdoa agar dapat dibunyikan tepat pada waktunya.

 

 

Dia adalah Peter Henlein seorang pria keturunan Jerman yang pada awal karirnya berprofesi sebagai tukang kunci di Jerman.Peter Henlein adalah seorang penggiat kerajinan yang membuat Taschenuhr alias Jam portable atai jam hias pertama di Jerman. 
Taschenuhr ini menjadi tren dimasa itu dan digunakan sebagai liontin atau perhiasan yang pada umumnya digunakan oleh kaum – kaum bangsawan.Peter H terkenal dengan keuletan dan kegigihannya dalam mengerjakan sesuatu hingga benar – benar menjadi sebuah maha karya yang diakui dan berkualitas.
Peter Henlein (Juga dieja Henle atau Hele) (1485 – Agustus 1542), dinobatkan sebagai pembuat jam tangan pertama di dunia, meskipun banyak orang lain yang memiliki persepsi atau ide yang sama seperti Henlein, namun dialah yang terbukti sebagai penemu jam pertama.Peter henlein pernah bekerja di sebuah tempat pengrajin benda – benda unik, dan Peter bekerja disana sebagai tukang kunci. Selain mengerjakan atau membuat kunci, Peter mencoba berbagai hal – hal menarik seperti membuat kerajinan dari logam dengan ukuran – ukuran kecil alias mikro. Disaat mimpi itu ada Peter pun mencoba menciptakan sebuah jam.
Pada tanggal 7 September 1504, ia terlibat dalam perkelahian diantara sesama tukang kunci, George Glaser, tewas. Ia mencari suaka di sebuah biara Fransiskan lokal, dan ia tinggal di sana selama empat tahun, sampai 1508.
Dan akhirnya di tahun 1509 Peter pun keluar dari biara tersebut dan menjadi guru di the city’s locksmith guild. Peter menjadi seorang sosok yang dikenal sebagai pembuat jam hias portabel kecil musim semi bertenaga kuningan, jam tersebut sangat langka dan mahal dan merupakan persiasan yang modis dipakai di kalangan bangsawan waktu.
Jam yang digunakan sebagai salah satu perhiasan tersebut selalu akan melekat pada pakaian alias bisa dibilang sebagai Liontin. Ukuran nya pun masih tergolong besar jika dibandingkan dengan jam sekarang, ukuran jam 3 inci namun ukuran ini menjadi ukurang yang paling besar jika dibandingkan dengan jam yang muncul pada abad – abad berikutnya hingga sekarang.
Jam ciptaan Henlein dianggap sebagai Jam Semi – Driven Kecil, Jam ini menjadi hadiah – hadiah khusus bagi orang – orang penting alias orang – orang yang menjadi inspirasi di Kota.Peter sendiri dinobatkan sebagai pengrajin jam pertama yang berhasil membuat Clockworks menjadi “Bisamkopfe”, sebuah wadah kecil yang dibuat dari emas dan berfungsi sebagai wadah untuk wewangian alias parfum dan disinfektan.
Peter Henlein juga berjasa dalam pembangunan menara jam untuk Lichtenau Castle di tahun 1541, dan dikenal sebagai pembuat instrumen ilmiah.
sumber: https://www.hiztoria.com/2017/07/penemu-jam-pertama-kali-di-dunia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *