My-Baskara

Rumah Adat Jambi

budaya-indonesia.org

Rumah adat panggung kajang leko, adalah rumah yang berasal dari provonsi Jambi. Rumah ini merupakan rumah adat yang cukup lengkap, karena didalam rumah in, memiliki 8 ruangan di dalamnya.

Ruangan pertama sering disebut dengan jogan, biasanya digunakan sebagai tempat istirahat. Dan sebagai tempat penyediaan air, ada lagi ruangan kedua yaitu ruang serambi depan, digunakan sebagai tempat penerimaan tamu khusus tamu laki-laki saja.

Dan ruangan ketiga, disebut dengan ruang serambi dalam yang diksus sebagai tempat tidur anak laki-laki saja. Selanjutnya ruangan keempat disebut emben melintang.

Sebagai tempat kamar pengantin, dan ruang yang kelima, disebut dengan serambi belakang, yang digunakan biasanya untuk tamu perempuan. Ruang keenam disebut dengan leren, untuk menerima tamu perempuan.

Ruangan ketujuh disebut dengan garang, sebagai tempan memasak dan juga biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan air. Ruang kedelapan adalah ruangan dapur yang biasanya digunaka sebagai memasak makanan dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *