My-Baskara

Peran dan fungsi Pancasila

Peran dan Fungsi Pancasila

 

Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945 .

Dibalik pancasila ada tiga tokoh penting yang merumuskan pancasila. Tokoh-tokoh yang merumuskan pancasila antara lain: Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno.

Perumusan pancasila terjadi di Lapangan Merdeka, Jakarta, Indonesia. Berkat para tokoh tokoh di atas sekarang indonesia memililki dasar negara dan mendapatkan kedamaian.

Fungsi Pancasila antara lain: sebagai ideologi negara, sebagai dasar negara, sebagai jiwa bangsa Indonesia, sebagai kepribadian bangsa Indonesia, sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai sumber dari segala sumber, sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, sebagai cita-cita dan tujuan bangsa indonesia, sebagai filosofi bangsa Indonesia.

Kita wajib mengamalkan nilai-nilai pancasila karena seluruh nilai-nilai didalamnya sesuai ajaran Islam.

Cara melestarikan Pancasila adalah dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari. Sila pertama: saling menghormati ajaran agama lain, tidak memaksakan ajaran agama kepada agama lain, menjalankan ajaran agama masing-masing. Sila kedua: tidak melakukan diskriminatif, menyadari bahwa kita ciptaan tuhan, membela kebenaran dan keadilan. Sila ketiga: cinta pada tanah air dan bangsa, menjaga nama baik bangsa Indonesia, ikut serta dalam ketertiban dunia. Sila keempat: menghormati hasil musyawarah, ikut serta dalam pemilihan umum, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Sila kelima: menghargai hasil orang lain, menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, menghargai hak dan kewajiban orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *