My-Baskara

HADAPI COVID-19 DENGAN BERCERITA DAN BERKARYA DENGAN NGE-BLOG By: MUHAMMAD YUNUS BASKARA

HADAPI COVID-19 DENGAN BERCERITA DAN BERKARYA DENGAN NGE-BLOG

By: MUHAMMAD YUNUS BASKARA

Dunia memerankan babak baru dalam kehidupan di abad 21 ini. Babak ini adalah sebuah kebiasaan baru dalam tatanan kebidupan. Peran ini dipaksa karena adanya invasi oleh virus Corona yang menyebabkan seluruh penduduk dunia berhadapanan dengan penyakit baru yaitu Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).  Seluruh nadi kehidupan terasa berhenti di awal 2020. Sendi-sendi kehidupan hampir tak bergerak. Sehingga dikenal dengan masa pandemi. Begitu hebatnya invasi virus corona ini seolah-olah kehidupan berhenti. Kita dipaksa untuk stay at home di awal pandemi itu. Tetapi kita tidak boleh menyerah dan hanya berdiam diri tanpa berbuat apa-apa. Hingga sebagian besar negara-negara di dunia memberlakukan  work from home (WFH) demi menjaga keselamatan warganya. WFH ini termasuk di dalam sektor pendidikan yang di Indonesia dikenal dengan BDR (Belajar Di Rumah) atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) baik secara Daring, Luring atau kombinasi.

Semua siswa, pelajar dan mahasiswa di dunia tidak pernah menyangka akan mengalami proses pembelajaran secara BDR ini. Mereka harus belajar di rumah masing-masing tanpa bertemu dengan teman sekelas maupun guru secara langsung. Pembelajaran berlangsung menggunkan fasilitas aplikasi online yang ada. Banyak waktu tersisa dan dihabiskan dirumah saja. Sungguh sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sepanjang hari tinggal dirumah ditemani HP dan Laptop. Saya sangat beruntung pada tanggal 23 Juli 2020 bertepatan dengan Hari Anak Nasional oleh orang tua saya diberi hadiah berupa Website berbayar dengan alamat http://www.mybaskara.com.  Di web ini saya berlatih reportase, menulis dan memposting berita maupun cerita. Di dalamnya terdapat tujuh kategori yaitu: Sejarah, Sejarah Penemu, Animal, Budaya, Hobby, Kuliner dan Sains. Setiap hari saya mengisi postingan dengan target satu hari tiga postingan dengan berbagai macam kategori.

Dari web ini saya tetap mampu memanfaatkan WFH dengan tetap berkarya dan  bercerita kepada orang-orang di luar sana. Ini membuktikan kita bisa melakukan hal positif walaupun harus tetap bertahan dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *