My-Baskara

Pesawat Sederhana

 

Pengertian

Pesawat sederhana dalam arti luas adalah segala jenis alat bantu manusia untuk memaksimalkan atau meringankan pekerjaan manusia itu sendiri. Pesawat sederhana sangat berguna karena manusia tidak lagi kesusahan dan hanya mengandalkan tenaga saja

 

 

Macam-macam jenis pesawat sederhana

  1. Katrol

Bentuk dari katrol adalah roda yang dilengkapi dengan tali panjang di sekelilingnya. Fungsi dari katrol adalah mengangkat beban agar menjadi lebih ringan. Katrol dapat membantu mengangkat barang dalam jumlah banyak.

Alat sederhana ini terdiri dari tiga jenis yakni katrol bebas, katrol majemuk dan katrol tetap. Anda dapat menemui penggunaan katrol pada sumur.

Orang-orang akan mengaitkan ember pada ujung tali katrol untuk mengambil air dari kedalaman. Ember dapat dengan mudah dimasukkan ke sumur dan ditarik kembali ke permukaan.

sumber: fisikazone.com
  1. katrol tetap
  2. katrol bebas
  3. katrol majemuk

2. Tuas

Alat ini disebut juga dengan pengungkit. Fungsinya antara lain mencabut, mengangkat dan menggeser suatu benda baik yang berbobot berat ataupun ringan.

Sebuah tuas memiliki bagian yakni titik tumpu, titik beban dan titik kuasa. Titik tumpu merupakan bagian yang diputar. Selanjutnya, titik beban merujuk pada bagian yang ditempati oleh objek yang menjadi beban.

Sedangkan titik kuasa adalah bagian yang diberikan gaya oleh manusia dengan mengandalkan tenaganya.

sumber: kompas.com

3. Bidang Miring

Definisi dari bidang miring seperti halnya namanya yakni bidang yang memiliki bentuk miring. Fungsi utamanya adalah memindahkan suatu objek baik dari atas ke bawah maupun arah sebaliknya.

Manusia biasa memanfaatkan bidang miring pada benda-benda yang berat. Sebab apabila menggunakan tangan saja tidak akan mampu menggeser posisi benda tersebut.

Selain objek mati, bidang miring juga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk naik dan turun. Contoh alatnya adalah tangga.

sumber: teks.co.id

4. Roda

Ternyata roda yang ada di kendaraan merupakan contoh pesawat sederhana. Kegunaan dari roda adalah mempercepat terjadinya perpindahan dari satu titik ke titik lain.

Roda dikelompokkan ke dalam beberapa kategori yakni roda sepusat, roda setali dan roda bersinggungan.

5. Sekrup

Pada dasarnya, sekrup dibuat dari jenis pesawat sederhana lain yakni bidang miring. Sekrup menggunakan silinder sebagai tempat dililitkannya bidang miring sehingga wujud sekrup mirip dengan model spiral.

Fungsi dari sekrup adalah mengikat dan menyatukan dua buah benda. Berkat adanya lilitan bidang miring, sekrup dapat dimasukkan di antara dua benda dan ditarik kembali untuk memisahkan.

Hal tersebut terjadi karena bidang miring dapat bergeser dengan mudah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *