My-Baskara

Kornea Mata

 

 

Fungsi kornea mata yang paling utama adalah memfokusnya penglihatan yang diperantarai cahaya bias menuju retina. Jika disamakan dengan kamera, kornea mata adalah lensanya.

Kamera tanpa lensa, sudah pasti tidak bisa menangkap cahaya dan segala informasi visual dengan benar. Persis seperti fungsi kornea mata. Apalagi menurut sebuah penelitian, sekitar 75 persen informasi yang diterima manusia adalah informasi visual.

Kornea mata merupakan lapisan pelindung luar mata yang banyak sekali fungsinya. Fungsi kornea mata yang paling utama adalah menentukan fokus mata pada suatu objek tertentu. Kornea mata adalah lapisan bening mata yang memiliki banyak jaringan.

Tidak seperti bagian tubuh lain, kornea mata tidak memiliki pembuluh darah. Pengganti pembuluh darah kornea mata adalah air mata. Air mata inilah yang selama ini memberi makan dan nutrisi kornea mata.

Jika melihat dari sisi jaringannya, jaringan kornea mata sangat kompleks. Kornea juga memiliki tiga pelapisan utama. Epitelium berada di luar kornea mata. Stroma pada lapisan kedua, berada di tengah, tebal, padat, dan elastis. Endotelium berada di lapisan paling belakang.

Jalan Masuk Cahaya

Kornea merupakan jalan utama masuknya cahaya menuju mata. Cahaya inilah yang nantinya bisa membuat mata melihat banyak benda, huruf, angka, gambar, dan lain sebagainya.

Fungsi kornea mata yang satu ini sangat penting sekali karena dialah yang dapat memberikan 65-75 persen penentuan fokus penglihatan mata. Bisa dikatakan, ketika penglihatan terganggu maka ada masalah pada kornea mata.

Membiaskan Cahaya

Tak hanya sebagai jalan masuknya cahaya. Fungsi kornea mata juga membiaskan cahaya. Tanpa pembiasan cahaya yang dilakukan oleh kornea mata, maka proses penglihatan tidak akan sempurna. Pembiasan cahaya akan dilakukan oleh kornea menuju lensa mata agar bisa diteruskan ke retina.

Lensa Penerjemah

Pada dasarnya penerjemah segala yang dilihat melalui mata adalah otak. Meski begitu, tanpa perantara seperti kornea mata untuk melihat segala sesuatu, terjemahan tidak akan berjalan. Di sinilah pentingnya fungsi kornea mata.

Cahaya yang dibiaskan ke retina mata oleh kornea mata akan diubah menjadi impuls listrik. Impuls inilah yang nantinya bisa meneruskan segala benda, huruf, angka, dan gambar menuju otak untuk bisa diterjemahkan secara otomatis dengan bantuan memori.

Melindungi Mata

Letak kornea mata berada di lapisan paling luar mata. Tak heran jika fungsi kornea mata juga melidungi mata. Melindungi mata dari berbagai macam partikel benda asing dan sinar UV. Perlindungan ini terjadi karena bantuan air mata yang ada pada kornea.

Air mata akan menghadang segala ancaman yang bisa membahayakan keberadaan kornea. Benda asing yang dimaksud tak hanya partikel debu, tetapi bisa berupa virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit kornea mata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *