My-Baskara

Komponen Abiotik Dan Biotik

 

 

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen abiotik adalah  benda tak hidup seperti air, batu, udara, tanah, cahaya matahari. Komponen biotik adalah makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, jamur, bakteri. Berdasarkan fungsinya dalam ekosistem, komponen biotik dibedakan menjadi tiga yaitu sebagai berikut.

  1. Produsen

Produsen adalah organisme yang bisa menghasilkan dan membuat makanannya sendiri. Contoh produsen dalam ekosistem adalah tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau termasuk produsen karena memiliki kemampuan fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Organisme yang dapat membuat makanan sendiri disebut organisme autorof.

       2. Konsumen

Konsumen yaitu makhluk hidup yang bergantung pada makhluk lain karena dia tidak bisa memproduksi makanan sendiri seperti produsen. Maka dari itu untuk menjaga kelangsungan hidupnya, konsumen bergantung pada organism lainnya. Peran konsumen di dalam sebuah ekosistem biasa nya adalah hewan. Berdasarkan jenis makannanya, konsumen dibagi menjadi tiga yaitu

  • Herbivor, hewan pemakan tumbuhan contohnya kambing, sapi, dan rusa.
  • Karnivor, hewan pemakan daging contohnya harimau, buaya, dan singa.
  • Omnivor, hewan pemakan segala contohnya ayam dan tikus

       3. Pengurai

atau dekomposer memiliki peran penting dalam setiap ekosistem. Mereka menguraikan sampah, bangkai binatang, dan sebagainya. Pengurai terdiri dari berbagai makhluk yang sangat kecil, bahkan seringkali ukurannya mikroskopis. Onggokan sampah yang menumpuk akan diurai oleh bakteri pembusuk dan jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *