penemu mobil

 Di abad ini mobil merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Digerakkan oleh mesin yang menggunakan bahan bakar entah itu bensin, solar ataupun listrik. Dari waktu ke waktu teknologi yang ada di mobil terus dikembangkan guna memberikan kenyamana bagi pemakainya.

Banyak yang bertanya-tanya, siapakah penemu mobil pertama di dunia? Bagaimana sejarah mobil itu sendiri? Ada tiga tokoh penting dalam sejarah perkembangan mobil di dunia yaitu Karl Benz, Gottlieb Daimler dan Henry Ford. Untuk mengetahuinya sejarah mobil maka kita harus kembali melihat ke abad 15.

Leonardo Da Vinci yang dikenal sebagai salah satu ilmuwan dan seniman paling jenius sudah menciptakan desain dan model dari apa yang kita sebut mobil saat ini.

Mobil Pertama Berasal Dari Eropa
Perkembangan alat transportasi terlebih berkembang pesat di Eropa. Sejak revolusi industri muncul di Eropa. Banyak alat transportasi yang diciptakan dengan menggunakan tenaga uap.

Seorang pria berkebangsaan Prancis bernama Nicholas Joseph Cugnot membuat sebuah kendaraan beroda tiga yang lebih mirip seperti gerobak yang digerakkan dengan tenaga uap. Kendaraan buatan Nicholas-Joseph Cugnot mampu berjalan dengan kecepatan 3,2 km/jam.

sumber : wikimedia.org

Kemudian pada tahun 1807, Nicéphore Niépce bersama saudaranya Claude menciptakan mesin pembakaran internal yang pertama di dunia. Mereka kemudian memasangnya di kapal mereka yang ada di sungai Saone, Prancis.

BACA :  Penemu Mesin 4 Tak – Nicolaus Otto

Pada bulan November 1881, Gustave Trouve mendemonstrasikan mobil roda tiga pertama di dunia yang menggunakan tenaga listrik di Pameran Listrik Internasional di Paris, Perancis.

Meskipun begitu beberapa insinyur lainnya seperti Gottlieb Daimler, Wilhelm Maybach, Siegfried Marcus serta Karl Benz disaat bersamaan sedang mengerjakan prototipe mobil pertama di dunia, hingga Karl Benz diakui sebagai penemu mobil modern pertama di dunia.

Karl Benz

Pada tahun 1879, Karl Benz mendapatkan paten pertamanya atas mesin pembakaran internal yang ia buat pada tahun 1878. Mesin temuannya dapat menyalakan kendaraan yang ia rancang. Pada tahun 1885, mobil modern pertama di dunia diciptakan oleh Karl Benz dengan nama motorwagen di kota Mannheim, Jerman. Ia kemudian mematenkan penemuannya pada tanggal 29 januari 1886.

sumber : www.daimler.com

Setelah itu, ia mulai memproduksi massal mobil temuannya sejak tanggal 3 juli 1886. Antara tahun 1888 hingga 1893, mobil Karl Benz sudah terjual sebanyak 25 unit. Disaat bersamaan ia kemudian memperkenalkan kendaraan dengan model roda empat.

Kendaraan Karl Benz menggunakan mesin empat tak yang ia desain sendiri. Kendaraan milik Benz juga dipasarkan di Perancis oleh Emile Roger dengan lisensi dari Benz. Istri Benz sendiri menggunakan mobil ciptaan Benz dan melakukan perjalanan darat untuk membuktikan bahwa mobil temuan suaminya layak untuk jalan.

Pada tahun 1896, Benz kembali mematenkan mesin pembakaran internal pertama model datar yang disebut dengan boxermotor. Kemudian selama bertahun-tahun hingga memasuki tahun 1900, Benz menjadi perusahaan mobil terbesar dengan total 572 unit.

BACA :  Penemu Mesin Jet – Sir Frank Whittle

Kemudian insinyur Daimler dan Maybach mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) di Cannstatt pada tahun 1890, dan menjual mobil pertama mereka pada tahun 1892 dengan merk Daimler. Pada tahun 1895 sekitar 30 unit kendaraan telah dibuat oleh Daimler dan Maybach.

sumber : www.myautoworld.com

Pada tahun 1901, Wilhelm Maybach membuat Mercedes 1901, dan banyak yang menganggap bahwa inilah mobil modern pertama di dunia. Mercedes 1901 mempu berlari hingga 56 km/jam. Daimler mempekerjakan sekitar 17 ribu pekerja untuk memproduksi sekitar seribu mobil per tahunnya.

Bagaimana Dengan Perkembangan Mobil Di Amerika?
Insinyur J. Frank dan Charles Duryea sudah menciptakan mobil dengan bahan bakar bensin pertama di Amerika pada tahun 1893. Mereka juga memenangkan balapan mobil Amerika pada tahun 1895, sejak saat itu mereka kemudian memproduksi secara masaal mobil ciptaan mereka dan menjualnya pada tahun 1986.

sumber : flickr.com

Kemudian pada tahun 1908, Henry Ford memperkenalkan mobil model T dan mendirikan General Motors bersama dengan William Durant.

Desain mobil model T yang dibuat oleh Henry Ford dijual dengan harga mahal pada konsumen. Meskipun begitu mereka yakin permintaan konsumen pasti sangat besar mengingat kebutuhan transportasi di Amerika lebih besar ketimbang di Eropa.

Ford Motor Company milik Hendry Ford berkembang pesat melampaui kompetitornya dalam hal desain yang mutakhir dan juga harga.

Sejak saat itu produsen-produsen mobil terus mengembangkan model atau desain mobil mereka seiring dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi.

BACA :  Penemu Kereta Api – William Murdoch

Kini produsen mobil tidak hanya didominasi dari Eropa maupun Amerika, namun dari Asia terutama Jepang, Korea dan China menegaskan domanasinya dalam pasar otomotif di dunia. Tentunya dengan teknologi baru yang membuat semakin konsumen nyaman dan aman menggunakan mobil mereka.

sumber: https://www.penemu.co/penemu-mobil-karl-benz/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *