5 Penemuan Penting Yang Mengubah Dunia

Berbagai penemuan oleh umat manusia tentunya sangat berguna untuk memudahkan dalam melakukan kegiatan hal apapun. Sehingga sangat memungkinkan jika berbagai penemuan ini mampu merubah dunia. Berikut adalah 5 daftar penemuan penting yang mengubah dunia.

1. Roda

Sebelum penemuan roda pada 3500 SM, manusia sangat terbatas dalam soal jumlah barang yang dapat diangkut melalui darat, serta seberapa jauh barang itu bisa diangkut. Roda itu sendiri bukanlah bagian tersulit dari “menemukan roda”, hal yang paling sulit adalah menemukan cara terbaik agar roda bekerja efisien.

Setelah 3500 SM, gerobak beroda memfasilitasi pertanian dan perdagangan dengan memungkinkan pengangkutan barang ke dan dari pasar, serta meringankan beban orang yang melakukan perjalanan jarak jauh. Sekarang, roda sangat penting untuk cara hidup kita, ditemukan dalam segala hal mulai dari jam, kendaraan, hingga turbin.

2. Plastik

Plastik adalah penemuan lain yang memiliki dampak lebih besar bagi dunia hingga saat ini. Meskipun sekarang kita berpikir penggunaan plastik memberikan dampak negatif terhadap alam, namun penemuan plastik menciptakan banyak produk dengan harga lebih murah.

Plastik pertama kali ditemukan oleh Alexander Parkes pada tahun 1862. Beberapa tahun kemudian penemu Amerika John Wesley Hyatt keluar dengan plastik buatan manusia sintetis pertama. Saat ini ada banyak jenis plastik dengan karakteristik yang berbeda untuk memungkinkan banyak bahan lain untuk diproduksi dengan plastik.

3. Telepon

Telefon diciptakan oleh dua orang secara terpisah. Mereka adalah Alexander Graham Bell dan Elisha Gray dalam memproduksi perangkat yang dapat mengirimkan suara secara elektronik. Bell terus meningkatkan penemuannya yang memungkinkan penemuannya menjadi lebih sukses dari penemu lainnya yang bekerja pada perangkat yang serupa.

Jika kita melihat bagaimana telepon kita bekerja hari ini, itu akan jauh berbeda dari telepon pertama yang diciptakan oleh Graham Bell karena telah mengalami perkembangan yang sangat panjang.

4. Pesawat

Pesawat terbang adalah penemuan hebat lainnya dalam sejarah manusia. Orville dan Wilber Wright juga dikenal sebagai Wright Brothers adalah pengusaha dengan toko sepeda. Mereka membutuhkan beberapa tahun untuk mengembangkan Wright Flyer pesawat pertama yang terbang pada 17 Desember 1903 untuk 36,6 meter dengan mesin sendiri.

Satu tahun kemudian, Wilber terbang dan meningkatkan Flyer II selama lima menit. Dengan kemajuan teknologi penerbangan saat ini, perjalanan udara tidak hanya menjadi lebih mudah tetapi juga lebih murah.

5. Televisi

Televisi adalah alat yang rumit dengan banyak komponen elektronik di dalamnya. Televisi memerlukan berbagai penemuan oleh penemu yang berbeda untuk mengembangkan lebih lanjut set televisi yang berfungsi penuh.

Awalnya televisi dianggap tidak begitu berguna, sampai akhirnya ia justru menjadi salah satu perangkat yang dapat kita temukan di setiap rumah. Televisi menjadi elektronik paling populer di abad 21 yang juga digunakan untuk menyebarkan ide, iklan, berita, dan hiburan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *